Uncategorized

Dulu Suka Main Drum, David Elsandro Tak Pernah Menyangka Bisa Jadi Seorang Produser Musik

Kapanlagi.com – David Elsandro adalah sosok salah satu produser asal Indonesia yang telah berkarier di dunia musik sejak beberapa tahun ke belakang. Sejauh ini, sudah banyak sekali nama musisi yang mempercayai David sebagai Music Producer untuk karya-karya mereka.

Sebut saja Aruma, Arash Buana, FAV (Aldo, Mahen, Fredo, Wendra), Luthfi Aulia, Awdella, Suara Kayu, hingga Fiersa Besari. David pun menyebut profesi sebagai produser musik adalah sebuah privilege.

“Menjadi seorang music producer merupakan sebuah privilege karena bisa melihat dan ikut andil dalam perjuangan dan perjalanan karier dari musisi itu sendiri,” terangnya belum lama ini.

“Gue juga jadi terus secara otomatis untuk ikut belajar jadi lebih peka terhadap jenis musik yang berbeda-beda genre begitu juga dengan karakter penyanyi yang berbeda-beda,” lanjutnya.

1. Suka Main Drum

Berkisah mengenai awal mula benar-benar terjun sebagai seorang produser sebenarnya sangat menarik bagi David karena pada awalnya dia juga tidak menyangka akan ‘digiring’ untuk berkarier di ranah produser musik. Saat terjun ke dunia musik, David sebenarnya bermimpi untuk menjadi seorang drummer session player karena dirinya memiliki basic bermain drum.

Namun, memang karena dia beberapa kali dipercaya oleh teman-temannya untuk memproduksi musik, maka hal tersebutlah yang dilakukan oleh David.

“Ya, kalau dibilang secara religius, Tuhan itu seperti menggiring gue untuk jadi seorang music producer karena gue merasa suka saja bikin sesuatu dan mengulik sesuatu dari sebuah musik,” ungkapnya.

2. Sejumlah Project Besar

Menurut David, hal yang perlu dikuasai oleh seorang produser sebenarnya bukanlah sesuatu yang sangat technical. Dia merasa, seorang produser musik harus mengkonsumsi banyak lagu sehingga dapat membayangkan bagaimana proses pembuatan dari awal hingga lagunya rampung.

David tengah mengerjakan beberapa project besar diantaranya album baru Suara Kayu, Album anak kecil jebolan Indonesia’s Got Talent bernama Laura Geraldine, album Awdella dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk menunjukkan keseriusannya di industri musik Indonesia, David kini telah mendirikan sebuah music production yang bernama LDR (Lihat Dengar Rasakan) yang diharapkan menjadi wadah musisi-musisi untuk dapat terus merilis karya-karya terbaik mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *